KEMERIAHAN PERINGATAN HARI GURU NASIONAL DI SPENSA

Tanggal 25 November merupakan momentum berbahagia para guru di seluruh Indonesia karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Kebahagiaan itu pun turut dirasakan oleh para guru di SMP Negeri 1 Banda Aceh.

Guru bersama di momentum HGN ke-77 Tahun 2022

Tanggal 25 November merupakan momentum berbahagia para guru di seluruh Indonesia karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Kebahagiaan itu pun turut dirasakan oleh para guru di SMP Negeri 1 Banda Aceh.


Di Spensa perayaan Hari Guru tersebut dilaksanakan dengan mengadakan upacara bendera dengan guru sebagai petugas utama dalam pelaksanaan upacara. Setiap guru telah diberikan tugas masing-masing, baik sebagai pemimpin upacara, pemimpin barisan, penggerek bendera, maupun petugas lainnya. Adapun para siswa/i sebagai peserta upacara yang turut menyaksikan proses pelaksanaan upacara berlangsung.

Pak Andi Munandar (guru BK) yang bertugas sebagai pemimpin upacara telah sukses mengantarkan pelaksanaan upacara hingga selesai dan tertib. Dalam upacara ini, Bapak Bustami selaku pembina upacara menyampaikan bahwa para guru perlu terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada. Karena inovasi saja tidak cukup tanpa beradaptasi. Di samping itu, beliau juga mengungkapkan rasa bahagianya menjadi seorang guru dan upacara PGRI ini menjadi upacara terakhir beliau sebelum 5 hari lagi sampai masa purnabaktinya.


Setelah selesai upcara, dilanjutkan dengan acara nonformal yang diambil alih oleh OSIS 69 Spensa. Rian (siswa kelas IX) yang berkolaborasi dengan Ibu Raudhah (guru Bahasa Indonesia) memandu acara tersebut dengan meriah. Diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Muhammad Abizar (siswa kelas IX) lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua OSIS, Faiz Syahin Al Razzaq. Dalam sambutannya, Faiz menyampaikan rasa terima kasih yang luar biasa untuk para guru yang tidak pernah henti dan lelah mendidik dan mengajar para siswa/i. Mewakili seluruh siswa/i Spensa, dirinya juga turut meminta maaf atas perilaku yang tidak baik selama ini didapati di sekolah. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng bersama secara simbolis peringatan Hari Guru Nasional ke-77 tahun 2022.


Acara pun dilanjutkan dengan persembahan tarian ratoeh jaroe Sanggar Ranup Seulaseh Spensa dan paduan suara perwakilan kelas IX.


Kemeriahan acara HUT PGRI ini juga diikuti dengan pembacaan 3 surat terbaik hasil dari lomba menulis surat untuk guru khusus pada peringatan Hari Guru ini. Pembagian hadiah untuk ketiga pemenang tersebut yang terdiri atas Jihan Humaira (kelas VIII-7), (kelas IX-1), dan Arsyad Fathan (kelas VIII-3) langsung diserahkan oleh Waka Kesiswaan, Ibu Nurjani. Para pemenang memperoleh bingkisan dan juga voucher belajar yang disponsori oleh Bimbel Khalifah.

Kemeriahan hari PGRI ini juga dengan diumumkannya guru-guru terbaik di Spensa tahun 2022, pilihan seluruh siswa di masing-masing jenjang. Kategori Guru Teramah diperoleh oleh Pak Alfath (guru Seni Budaya kelas VII), Pak Ariswandi (guru Bahasa Indonesia kelas VIII), dan Ibu Raudhah (guru Bahasa Indonesia kelas IX). Kategori Guru Terdisiplin diperoleh oleh Pak Makmur (guru PJOK kelas VII), Ibu Mutia (guru IPA kelas VIII), dan Miss Mariani (guru Bahasa Inggris kelas IX). Adapaun kategori Guru Terfavorit diraih oleh Ibu Megawati (guru Matematika kelas VII), Ibu Aisha (guru Bahasa Indonesia kelas VIII), dan Pak Bukhari (guru PKN kelas IX). Selain itu, pihak sekolah juga menetapkan guru berprestasi Spensa yang diraih oleh Ibu Raudhah.

OSIS Spensa turut menyerahkan penghargaan kepada guru Spensa yang telah purnabakti, Ibu Salwiah (guru PKN) dan guru Spensa yang akan sebentar lagi juga masuk masa purnabakti yaitu Pak Bustami (kepala sekolah) dan Ibu Dasmawati (guru IPS). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh ketua OSIS Spensa , Faiz.



Acara pun berakhir dengan pembagian suvenir ucapan terima kasih untuk para guru dari para siswa Spensa. Setelah itu, para siswa dan guru merayakan Hari Guru ini bersama di ruang kelas masing-masing.

LINK TERKAIT