Kemeriahan Acara Perpisahan Angkatan 69 SPensa dengan Tema Bimantara Nusantara

Setelah melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir (ujian kelulusan) kelas IX dari 4-16 Mei 2023 lalu, SMPN 1 Banda Aceh mengadakan acara perpisahan siswa/i Angkatan 69 pada hari ini, Senin (22/5/2023). Acara ini berlangsung di Gedung Taman Budaya Banda Aceh. Acara yang dihadiri oleh seluruh siswa/I Spensa ini mengusung konsep Nusantara dengan tema “Bimantara” (The Brilliant, Mignificent, and Dynamic Nusantara of Spensa).

Penampilan Tari Nusantara sebagai Tari Sambutan Acara Perpisahan Angkatan 69


Setelah melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir (ujian kelulusan) kelas IX dari 4-16 Mei 2023 lalu, SMPN 1 Banda Aceh mengadakan acara perpisahan siswa/i Angkatan 69 pada hari ini, Senin (22/5/2023). Acara ini berlangsung di Gedung Taman Budaya Banda Aceh. Acara yang dihadiri oleh seluruh siswa/i Spensa ini mengusung konsep Nusantara dengan tema “Bimantara” (The Brilliant, Mignificent, and Dynamic Nusantara of Spensa).

Dalam laporan ketua pelaksana siswa, Aliyya Syifa, mengungkapkan bahwa pengambilan konsep ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda, khususnya siswa/i Spensa tentang kayanya budaya yang ada di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Dan Bimantara  adalah sebuah kata klasik berbahasa Sansekerta yang berarti jiwa-jiwa yang hebat. Dalam artian, seluruh siswa Spensa adalah sang jiwa-jiwa hebat untuk kemajuan negeri kita tercinta.


Kegiatan perpisahan ini bermula dengan acara formal yang meliputi sambutan dari beberapa stakeholder Spensa dan juga simbolik pelepasan atribut siswa/i Angkatan 69 oleh Plt. Kepala Sekolah, Ibu Nurjani, S.Pd. serta pemberian penghargaan kepada siswa/i berprestasi Angkatan 69. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan acara informal yang dirangkum dalam pertunjukan seni dan sastra.

Dalam acara ini turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SMP, Ibu Evi Susanti, S.Pd., M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa salah satu hal yang penting perlu diperkenalkan kembali serta dilestarikan ke generasi sekarang ini adalah budaya Nusantara. “Suatu moment yang luar biasa, SMPN 1 Banda Aceh mengangkat tema ini untuk sebuah kegiatan yang meriah seperti ini. Mengingat di Banda Aceh, kita juga terus menggalakkan budaya dan bahasa Aceh melalui program SEDATI (Sehari Berbudaya Aceh Pasti).”

Tidak hanya itu, perwakilan dari kelas IX Angkatan 69 turut menyampaikan kesan dan pesan terakhir yang diwakili oleh Faiz Syahin Al Razaq. “Masa awal-awal Covid melanda negeri kita, masa itulah pertama sekali kami menjadi siswa Spensa. Namun, tidak terasa masa bersama itu akan berakhir hari ini. Untuk itu, terima kasih kepada guru-guru kami yang dengan sabar membimbing dan mendidik kami baik di dalam maupun di luar kelas. Kami juga memohon maaf atas kenakalan dan kesalahan yang kami perbuat selama ini,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa hakikatnya people come and go. Untuk itu, ketika meninggalkan Spensa, ia berharap semua siswa/i Angkatan 69 dapat menjaga nama baik almamater sekolah serta dapat meraih kesuksesan di bidang masing-masing.

Dalam acara ini juga diagendakan penyerahan cinderamata kepada para guru purnabakti dan  staf yang telah pindah tugas  dari SMPN 1 Banda Aceh, yaitu Bapak Drs. Bustami (kepala sekolah), Ibu Salwiah, S.Pd. (guru PKN), Ibu Dasmawati, S.Pd. (guru IPS), dan Bapak T. Wahyu Saputra (staf adm pindah tugas). Cinderamata diserahkan langsung oleh Ibu Plt. Kepala Sekolah dan Komite Sekolah.

Acara perpisahan Angkatan 69 ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusias. Tentu hal ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh siswa/i Spensa serta kerja sama seluruh panitia, baik dari kalangan guru maupun siswa. Selamat dan sukses selalu untuk Angkatan 69. Semoga dapat memberikan kontribusi yang baik untuk masa depan Aceh dan Indonesia. [RJ]

 

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin

LINK TERKAIT